Yu Kenali Coaching



Yu  Kenali Coaching
Ditulis oleh : Deti Jubaedah,S.Pd.,M.M.Pd

            Coaching adalah pendampingan terhadap seseorang yang memiliki masalah menuju sebuah perubahan yang positive, dengan cara membantu seseorang mengenali dirinya, sehingga dia bisa mencari solusi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya sendiri. Iis Susilawati dalam perkuliahan Training Asosiasi Konsultan Sekolah Literasi Indonesia pada hari Jumat 25 Agustus 2017, mengatakan Coaching adalah proses mempasilitasi seseorang untuk mencapai tujuan sehingga mendapat pengendalian diri.
            Dalam coaching muncul tiga istilah, coach adalah orang yang memberikan pendampingan, coaching adalah caranya dalam pendampingan, dan coache adalah orang yang diberi pendampingan. Muncul pertanyaan coaching dibutuhkan ? Coaching dibutuhkan karena berbagai alasan, misalnya tujuan dalam hidup seseorang banyak tetapi terkadang waktu yang dimiliki untuk mencapai tujuan tersedia sedikit. Atau cara untuk mencapai tujuan banyak tetapi mencari cara yang efektif diperlukan.
            Coaching bukanlah advising atau phsycology, karena coaching berdasarkan prosfek ke depan tidak menggali masa lalu seperti yang terjadi pada phsycology. Hal yang harus dipersiapkan oleh seorang coach adalah being coachable artinya memiliki mental yang bisa menjadi fasilitator, bisa merasakan hal yang terjadi pada coache termasuk seorang coach harus dapat mengenali dan menyelesaikan masalahnya sendiri sebelum dia menyelesaikan masalah orang lain. Memahami masalah karena terkadang kita salah mengartikan dan memandang yang menjadi masalah, hendaknya yang menjadi masalah adalah hal yang tidak diargumenkan negative, maksudnya agar pemecahan masalah bisa dicari. Memahami kontrak dengan coache, karena coach harus pandai menyimpan rahasia coachenya. Memiliki coach posisition, artinya menjadikan diri sejajar baik dari cara duduk atau tempat duduk agar coache merasa nyaman sehingga mau terbuka. Memiliki kemampuan building trust artinya kepercayaan harus dibangun oleh seorang coach supaya coache mau diajak bicara.
            Yang paling penting hal yang pertama harus dibangun oleh seorang coach adalah semua orang baik-baik saja (everybody is ok) tidak ada penilaian apapun (No Judgment). Kemudian cara- cara membangun kepercayaan (building trust) adalah mengetahui kemampuan coache supaya kita bisa masuk dan merasakan apa yang coache rasa (naming the out come). Jadilah pendengar yang baik (recap the keyword). Bertanya dengan sopan (asking permission). Kelembutan dan gesture dalam bertanya (softener), Paham dulu permasalahan (passing) baru melakukan keinginan (leading).
            Pertanyaan-pertanyaan yang bisa membantu kita dalam melakukan coaching adalah apa pentingnya ? Apa artinya ? Apa nilai nilai yang diyakini? Apa yang anda akan lakukan untuk mencapai keinginan tersebut? Apa yang tidak anda lakukan? Apa yang anda putuskan untuk mencapai yang anda inginkan?
Intinya seorang coach bukanlah pemberi saran pada masalah seseorang tetapi fasilitator yang bisa menggali seseorang untuk bisa mencari solusi dari dalam dirinya dengan menemukan dan mengungkapkannya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERLINDUNGAN PROFESI GURU

Perjalanan Literasi Di SMPN 1 Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat